Tentang D3 Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung

Tentang Manajemen Informatika

Program Studi (PS) Manajemen Informatika merupakan salah satu program studi jenjang Diploma Tiga (DIII) di bawah jurusan Ekonomi dan Bisnis Politeknik Negeri Lampung (Polinela). Program Studi D3 Manajemen Informatika didirikan dan mulai beroperasi menyelenggarakan kegiatan akademik dan tridarma perguruan tinggi sejak tahun 2006, berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti nomor 2691/D/T/2006.

Sejak berdiri hingga saat ini, Program Studi D3 Manajemen Informatika telah banyak mengalami perkembangan, pada periode ke 3 akreditasi program studi manajemen informatika mendapatkan akreditasi B berdasarkan surat keputusan BAN-PT No. 415/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/X/2014. Dan pada periode akreditas ke 4 saat ini program studi manajemen informatika mendapatkan akreditasi B kembali, berdasarkan surat keputusan BAN-PT No.2949/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/V/2020 Tahun 2020, dengan masa berlaku dari 2025-05-05. Selain akreditasi peningkatan lainnya adalah jumlah dan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan, fasilitas, sarana prasarana, dan kepercayaan masyarakat (umum dan pengguna lulusan) terhadap lulusan (alumni) terus meningkat. Lulusan program studi D3 Manajemen Informatika telah mampu berkiprah di dunia kerja sebagai tenaga profesional dibidang teknologi informasi (TI) baik di instansi pemerintah/swasta, IT talent, wirausaha.

Visi

Tahun 2025 menjadi program studi yang menghasilkan sumber daya manusia bermutu, inovatif dan berdaya bersaing dalam ilmu pengetahuan dan teknologi terapan bidang sistem informasi.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang informatika yang berorientasi pada akhlak mulia, terampil, inovatif, disiplin, mandiri dan berdaya saing.
  2. Melaksanakan penelitian terapan di bidang informatika untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial demi kepentingan masyarakat.
  4. Menjalin kerja sama berkelanjutan dengan pemangku kepentingan dalam rangka peningkatan kualitas tridharma perguruan tinggi.
  5. Mengembangkan tata kelola organisasi yang sehat dengan manajemen transparan

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan di bidang Sistem Informasi yang kompetitif, disiplin, dan berwawasan serta mampu bersaing di tingkat nasional dan mampu beradaptasi secara global,
  2. Menghasilkan pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yang terintegrasi dengan kebutuhan masyarakat,
  3. Menghasilkan produk dan jasa untuk masyarakat melalui kegiatan pendidikan berkelanjutan, kemitraan, rintisan usaha dan konsultasi bisnis,
  4. Meningkatkan efektivitas, inovasi, mutu dan relevansi pelaksanaan Tri Darma untuk meningkatkan daya saing melalui kerjasama dengan pemangku kepentingan.

Sasaran

Untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan Program Studi Manajemen Informatika tersebut maka disusun sasaran dan strategi pencapaiannya sebagai berikut :


Tujuan 1: Menghasilkan lulusan di bidang informatika yang kompetitif, disiplin, dan berwawasan serta mampu bersaing di tingkat nasional dan mampu beradaptasi pada era globalisasi.

Sasaran strategis:

  1. Jumlah persentase lulusan yang memiliki minimal 1 (satu) sertifikat kompetensi nasional (BNSP) ≥ 80%.
  2. Persentase lulusan yang memiliki minimal 1 (satu) sertifikat kompetensi internasional ≥ 80%.
  3. Rata-rata IPK Lulusan ≥ 3,0.
  4. Nilai Akreditasi Program Studi A.
  5. Jumlah TUK Nasional 1 unit.
  6. Jumlah TUK Internasional 1 unit.
  7. Jumlah dosen yang memiliki sertifikasi nasional ≥ 85%.
  8. Jumlah dosen yang memiliki sertifikasi internasional ≥ 85%.
  9. Jumlah keketatan mahasiswa dalam penerimaan mahasiswa baru 1: ≥ 4.
  10. Jumlah mahasiswa lulus tepat waktu ≥ 90%.
  11. Masa tunggu untuk bekerja bagi lulusan ≤ 4 bulan.
  12. Jumlah pengajar yang menerima sertifikasi dosen 100%.
  13. Keikutsertaan tenaga kependidikan pada pelatihan professional 100%.
  14. Jumlah buku praktikum 100%.
  15. Rata-rata skor TOEIC mahasiswa ketika lulus ≥ 400.
  16. Jumlah minimal pertemuan bimbingan tugas akhir ≥ 8.
  17. Rata-rata mahasiswa per dosen wali/semester adalah ≤ 20.
  18. Rata-rata mahasiswa per dosen pembimbing karya/tugas akhir (TA) ≤ 4.

Strategi Pencapaian:

  1. Mengimplementasikan kurikulum berbasis berbasis KKNI.
  2. Menerapkan sistem manajemen mutu yang berstandar ISO 9001-2008.
  3. Mengadopsi standar kurikulum industri ke dalam konten-konten mata kuliah program studi.
  4. Meningkatkan kualitas dosen dan teknisi melalui studi lanjut dan pelatihan secara berkelanjutan sesuai perkembangan Iptek.
  5. Melaksanakan proses perkuliahan/praktik secara terencana, mulai dari rencana perkuliahan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi.
  6. Menciptakan suasana kondusif melalui peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana PBM.
  7. Peningkatan aktivitas akademik melalui peningkatan kualitas hardskill dan softskill
  8. Peningkatan capaian kompetensi mahasiswa di bidang Informatika melalui uji kompetensi skala nasional maupun internasional.
  9. Peningkatan kualitas pembelajaran melalui ketersediaan perangkat ajar dan metode pembelajaran berbasis teknologi informasi yang menunjang capaian kompetensi.
  10. Peningkatan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran dan administrasi akademik dan non akademik.
  11. Peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar melalui kegiatan kuliah umum, dosen tamu/praktisi, lokakarya dan seminar.
  12. Pembinaan Hima Manajemen Informatika secara berkelanjutan.
  13. Melakukan pelatihan pengembangan softskill mahasiswa setiap tahun (Albana, English Club, Sukma, Seni, Kopma, Pramuka, UKM RISET, dan Poltapala)
  14. Mendatangkan pemangku kepentingan dalam rangka pengumpulan data dan informasi tentang job description berdasarkan jenis pekerjaan dan jabatan serta kompetensi yang dibutuhkan perusahaan.
  15. Melaksanakan kegiatan pelacakan (tracer study) dalam rangka evaluasi dan pengembangan kurikulum.
  16. Peningkatan kegiatan promosi pada calon mahasiswa.
  17. Program bilingual (Bahasa Inggris dan Bahasa Indoensia) dalam proses PBM.
  18. Penggunaan modul/bahan ajar berbasaha inggris.
  19. Budaya keselamatan kerja dalam kegiatan praktikum.
  20. Menyediakan bahan pustaka yang relevan, berupa buku teks, modul praktikum, majalah ilmiah popular, jurnal ilmiah nasional/terakreditasi/internasional baik melalui akses langsung maupun melalui jaringan internet.
  21. Peningkatan ketersediaan akses dan pendayagunaan sarana utama seperti: tempat praktikum, ruang simulasi, klinik kesehatan, perpustakaan, ruang diskusi publik, dan sarana penunjang lainnya.
  22. Menyediakan dokumen tentang kebijakan suasana akademik yang lengkap.
  23. Memberikan matakuliah etika profesi sebagai bekal lulusan.

Tujuan 2: Menghasilkan pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yang terintegrasi dengan pendidikan.

Sasaran strategis:

  1. Publikasi jurnal internasional minimal 1 jurnal per tahun.
  2. Partisipasi dalam seminar internasional sebanyak 1 makalah per tahun.
  3. Produk teknologi (HAKI/Paten) sebanyak 1 produk per tahun.
  4. Keterlibatan mahasiswa dalam publikasi ilmiah meningkat setiap tahunnya.
  5. Modul praktikum lengkap sesuai dengan jumlah mata kuliah praktik.

Strategi Pencapaian:

  1. Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dosen PS Manajemen Informatika dengan menggunakan sumber dana DIPA Polinela, Dikti, dan Instasi lain sesuai dengan bidang minat dan kepakaran.
  2. Menyelenggarakan kegiatan dalam upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi hasil penelitian dosen PS Informatika melalui publikasi nasional dan internasional.
  3. Penyedian fasilitas yang dapat digunakan untuk mengakses bahan pustaka (majalah ilmiah popular, jurnal internasional, prosiding, dan buku referensi).

Tujuan 3: Memberikan pelayanan kepada masyarakat lokal maupun nasional melalui aktifitas edukatif, teknis dan profesional.

Sasaran strategis:

  1. Jumlah usulan judul PKM yang didanai Dikti meningkat setiap tahun.
  2. Jumlah UMKM binaan bertambah setiap tahun.
  3. Jumlah permintaan sebagai narasumber/penguji eksternal meningkat.
  4. Jumlah TUK Internasional 1 unit.

Strategi Pencapaian:

  1. Menyelenggarakan pengabdian dosen PS Manajemen Informatika dengan sumber dana DIPA Polinela, Dikti dan Instansi lain.
  2. Menjalin kerjasama secara bekelanjutan dengan pihak pemangku kepentingan (pemerintah, industri, sekolah, asosiasi dan masyarakat).
  3. Menjalin kerjasama dengan instansi/perusahaan/asosiasi/sekolah sebagai pemateri untuk kegiatan PKM dalam bentuk penyuluhan.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa.
  5. Mengimplementasikan materi-materi kewirausahaan dalam matakuliah program studi.
  6. Peningkatan kuantitas dan kualitas mahasiswa dalam kegiatan PKM-Dikti, PMW Polinela, dan Wirausaha kreatif mahasiswa.
  7. Menjalin kerjasama dengan mitra industri/UKM/UMKM.
  8. Partisipasi dalam pemberdayaan usaha kecil dan menengah melalui program pengabdian yang mengikut sertakan mahasiswa setiap tahunnya.

Tujuan 4: Meningkatkan kualitas kerjasama yang saling menguntungkan dengan pemangku kepentingan di bidang informatika baik secara lokal, nasional, maupun internasional.

Sasaran strategis:

  1. Peningkatan jumlah kerjasama dalam bidang penelitian, pengabdian, magang, penempatan tenaga kerja, beasiswa dan transfer Iptek, dengan berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta setiap tahun.

Strategi Pencapaian:

  1. Menjalin kerjasama secara efektif dan terprogram melalui penelitian, pengabdian, magang, penempatan tenaga kerja, beasiswa dan transfer Iptek, dengan berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta.
  2. Menjalin kerjasama dengan instansi/perusahaan pemerintah/swasta untuk lokasi kunjungan fieldtrip/study tour mahasiswa setiap tahun.

Tujuan 5: Menjadikan PS Manajemen Informatika sebagai penyelenggara pendidikan yang efektif, efisien dan produktif.

Sasaran strategis:

  1. Jumlah kepuasan civitas akademika terhadap pelayanan manajemen ≥ 7 (Skala 1-10).
  2. Tingkat pemahaman visi, misi, tujuan dan sasaran PS ≥ 70%.
  3. Jumlah persentase tingkat kepuasan pemangku kepentingan ≥ 70%.
  4. Jumlah persentase tingkat kepuasan lulusan ≥ 70%.

Strategi Pencapaian:

  1. Menyelenggarakan manajemen organisasi yang sehat melalui penerapan sistem penjaminan mutu internal.
  2. Menerapkan dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis ISO 9001:2008 sejak tahun 2010.
  3. Menyelenggarakan manajemen organisasi yang sehat melalui penerapan teknologi informasi.
  4. Menyediakan fasilitas umpan balik untuk peningkatan mutu proses pembelajaran setiap semester.